PENTINGNYA PENDIDIKAN by Bejo XII MPA

 PENTINGNYA PENDIDIKAN

by Bejo


Nama: Bejo

Kelas: XII MIPA

Judul Buku: ILMU PENDIDIKAN

Ditulis: Dwi Siswoyo

Diterbitkan oleh: UNY Press/2011

Tebal Halaman: 181 halaman


DASAR,FUNGSI,DAN TUJUAN

1.Pentingnya Dasar Pendidikan

Pendidikan merupakan gejala semesta (fenomena Universal).Dimana ada kehidupan manusia,di situ pasti ada pendidikan. Pendidikan sebagai usaha sadar bagi pengembangan manusia dan masyarakat,upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan.

2.Dasar Pendidikan

Adalah Landasan berpijak dan arah bagi pendidikan.Ada hubungan antara filsafat dengan pendidikan.Filsafat memberi pandangan yang luas tentang realita,termasuk pandangan dunia dan pandangan hidup. Filsafat menjadi dasar bagi pemikiran-pemikiran pendidikan secara filosofis,artinya berdasarkan pandangan-pandangan filsafat,yang kemudian melahirkan berbagai pemikiran pendidikan.

3.Fungsi Pendidikan

Tugas atau misi pendidikan itu dapat tertuju pada diri manusia yang dididik maupun kepada masyarakat di tempat ia hidup.Bagi dirinya sendiri,pendidikan berfungsi menyiapkan dirinya agar manusia menjadi manusia secara utuh.Manusia utuh dalam arti utuh dalam potensi dan utuh dalam wawasan

*Utuh Dalam Potensi 

     Bahwa manusia sebagai subyek yang berkembang,memiliki potensi jasmani dan rokhani.

*Utuh Dalam Wawasan 

    Utuh dalam wawasan dalam arti manusia yang sada nilai:

1.Wawasan dunia akhirat

2.Wawasan jasmani dan rokhani

3.wawasan individu sosial

4.Wawasan akan waktu,yaitu masa lalu,sekarang dan yang akan datang.

"Kemarin kenangan dan pelajaran,Hari ini tantangan yang harus terselesaikan,dan esok adalah tantangan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik".

Di indonesia sendiri,menurut pasal 3 UU no.20 tahun 2003."Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yamg bermartabat". Disini tersirat sebagai Nation and characther building,yang selama ini banyak dikritik karena agak terabaikan.

4.Tujuan Pendidikan

Tujuan umum atau tujuan akhirnya adalah kedewasaan,yang salah satu cirinya adalah telah hidup mandiri. Menurut Hoogveld "mendidik itu berarti membantu manusia muda agar ia mampu menunaikan tugas hidupnya secara berdiri sendiri. Yang dikejar adalah kemampuan tertentu dan manusia muda itu agar kelak mempunyai kesempurnaan tertentu".

*Ulasan

Buku ini sangatlah menarik karena banyak pengetahuan tentang pendidikan di Indonesia yang dapat kita ambil,tulisan dari buku tersebut pun bagus dan rapi sehingga mudah untuk dibaca.



Popular posts from this blog

MOTIVASI SEPANJANG ZAMAN by Melinda X B

CHICKEN SHOUP FOR THE SOUL by Soleha X B